ORASI KEBANGSAAN GUS MIFTAH DI SMA NEGERI 1 WONOGIRI

ORASI KEBANGSAAN GUS MIFTAH DI SMA NEGERI 1 WONOGIRI

WONOGIRI – Gus Miftah, Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji Sleman Yogyakarta, memberikan orasi kebangsaan dihadapan seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Wonogiri (Smansari) hari Rabu (11/01/23) Siang.

Kehadiran KH. Miftah Maulana Habiburrahman atau akrab disapa Gus Miftah di Smansari tersebut, disambut semangat antusias oleh pihak sekolah dan Forkopimda Wonogiri serta komite SMA Negeri 1 Wonogiri.

Orasi kebangsaan yang mengangkat tema ‘Moderasi Beragama: Beragama dan Berbangsa yang Happy dan Menyenangkan’ ini, merupakan orasi kebangsaan kali ke-35 Gus Miftah yang dilakukan pada kalangan pelajar seluruh Indonesia.

Dalam orasinya, Gus Miftah, menyampaikan moderasi beragama dan bernegara. Serta pentingnya melestarikan dan membumikan Pancasila sebagai ideologi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Gus Miftah, saat ini ada upaya-upaya dari kalangan tertentu untuk menjauhkan anak bangsa dari Pancasila, dengan mengatakan Pancasila tidak cocok dengan Indonesia.

Saya katakan bahwa Pancasila merupakan sebuah ideologi yang telah terbukti mampu mempersatukan anak bangsa dengan segala perbedaan yang ada,” ucap Gus Miftah.

Kepala SMA Negeri 1 Wonogiri, Endang Sunarsih, menyampaikan rasa syukur atas kehadiran Gus Miftah untuk melakukan orasi kebangsaan di sekolah kebanggaan warga wonogiri ini.

Menurut Endang, Orasi kebangsaan yang disampaikan Gus Miftah sangat penting dalam mencegah paham radikalisme di lingkungan Sekolah, dan terutama melestarikan ideologi Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.

“Dengan kehadiran Gus Miftah di SMA Negeri 1 Wonogiri, Semoga para siswa mendapatkan ilmu tambahan tentang Kebangsaan, dan Semoga para siswa lebih mencintai bangsa dan negara republik Indonesia,” tambahnya.